Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan – Kita pasti mendengar gagasan jahat dan sangat tidak benar yang sudah mengakar dalam budaya kita yang mengajarkan orang-orang apa yang harus mereka lakukan untuk menurunkan berat badan. Kurangi makan dan perbanyak olahraga. Jangan makan terlalu banyak. Ini semua adalah masalah keteguhan tekad.

Menurunkan Berat Badan

Semua tahu bahwa orang-orang yang terlalu gemuk adalah pemalas, tidak disiplin, memanjakan diri sendiri. Kebanyakan dari Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan telah menjadikan pesan budaya ini menjadi bagian dari dirinya, yaitu bahwa Anda sendirilah yang salah jika Anda menjadi gemuk. Sebenarnya rumus untuk menurunkan berat badan sangatlah mudah. Mengurangi makan dan memperbanyak olahraga = berat badan turun.

Obesitas

Alasan orang-orang tidak dapat melakukan cara menurunkan berat badan adalah sebagai berikut :

  1. Mereka makan terlalu banyak
  2. Mereka malas dan tidak cukup berolahraga
  3. Mereka makan terlalu banyak dan tidak cukup berolahraga.
Bagi sebagain orang yang mengalami kelebihan berat badan dan kegemukan atau obesitas, alasan tidak bisa menurunkan berat badan terlalu sederhana. Mitos yang mengatakan bahwa dalam cara mengecilkan perut buncit sangatlah tidak mencukupi. Bukan hanya karena tidak didukung literature ilmiah, tetapi juga karena menimbulkan sikap menyalahkan diri sendiri, yang menyatakan kepada orang-orang yang sedang berjuang menurunkan berat badannya dengan cara yang tidak begitu halus bahwa dengan berusaha lebih keras, mereka akan berhasil menurunkan berat badan. Hanya ada satu masalah dengan sudut pandang ini. Hal itu tidak benar.

Tak seorang pun ingin gemuk. Bukan kesalahan Anda, jika Anda mempunyai maalah dengan berat badan. Tidak benar jika Anda seakan memilih jalan yang berat ini. Bahkan jika Anda mempunyai niat yang cukup kuat untuk tidak makan sementara tubuh Anda ingin makan. Anda mungkin masih tidak mampu untuk menurunkan berat badan. Ini disebabkan tubuh kita secara genetic dirangsang untuk menambah berat badan dan menjaganya tetap dalam kondisi tersebut. Anda tidak dapat mengindar dari proses biologis dasar ini. Kebenaran evolusioner ini tetapi ada yang dapat Anda lakukan dengan berat badan Anda.

Caranya adalh mempelajari cara memperbaiki metabolisme dan menggunakan kemampuan alami tubuh dalam membakar kalori untuk membantu Anda diet menurunkan berat badan dan menjadi sehat. Akan tetapi meyakini penyederhanaan tentang berat badan yang dipromosikan budaya kita tidak akan membanti Anda mempertahankan penururnan berat badan dalam jangka waktu yang lama. Anda perlu memahami bahwa tubuh Anda jauh lebih kompleks daripada itu.

Yang membuat kurus, gemuk, atau sedang-sedang saja berhubungan dengan seberapa banyak  kita makan dan berolahraga.Namun penyederhanaan tersebut berhenti sampain disana. Kekuatan kompleks yang menguasai kehidupan kita mengendalikan berat badan dan metabnolisme kita.  Kenyataannya tak ada satu pun alasan sederhana mengapa seseorang mengalami masalah dengan berat badan.

Cara Melangsingkan Badan

Beberapa hal yang harus dijauhi saat Anda ingin melakukan diet menurunkan berat badan adalah :

  1. Jangan mengonsumsi makanan yang asin
    Makanan-makanan yang menjadi penyebab dari terjadinya obesitas adalah makanan yang mengandung lemak, makanan yang asin, dan makanan yang manis. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penyakit hipertensi atau darah tinggi, karena makanan yang terlalu banyak mengandung kandungan garam di dalamnya akan membuat cairan di dalam tubuh menjadi tertahan. Akibatnya adalah akan menyebabkan tubuh Anda menjadi susah turun berat badannya.
  2. Sebaiknya jangan terlalu ngotot
    Disaat Anda sedang stres, hormon yang keluar adalah hormon kortisol. Hormon ini kemudian akan merangsang nafsu makan menjadi lebih besar, membuat sistem metabolisme di dalam tubuh mengalami perlambatan, dan akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di dalam perut. Melakukan relaksasi, atau tertawa bersama, teman, melakukan olahraga seperti jenis yoga, massage atau pijat, dan berjalan-jalan pada alam terbuka akan membantu mereduksi stress. Lakukanlah paling tidak cara ini 10-15 menit dalam sehari.
  3. Jangan begadang
    Salah satu penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa masalah susah tidur dan kurang tidur akan membuat hormon rasa lapar semakin meningkat dan akan menurunkan kadar hormon rasa kenyang di dalam tubuh. Studi lainnya yang dilakukan menunjukkan bukti juga bahwa orang yang mengalami kurang tidur dari 4 jam dalam sehari biasanya mempunyai resiko mengalami obesitas sebesar 73% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 7-9 jam.
  4. Makanlah diatas meja makan
    Makan sambil melakukan aktivitas seperti menonton televisi, membaca buku, atau juga mengetik di komputer akan membuat Anda menjadi susah dalam menikmati makanan karena tidak fokus. Hal ini kemudian akan membuat Anda mengais makanan lebih untuk di kunyah. Kalori yang masuk ke dalam tubuh akhirnya juga lama kelamaan akan susah untuk dikontrol. Agar makanan bisa dengan lebih mudah untuk dinikmati, maka sebaiknya usahakanlah makan diatas meja makan.
  5. Kurang melakukan aktivitas gerak
    cara menurunkan berat badan yang lainnya adalah dengan melakukan aktivitas gerak. Jika Anda kurang melakukan aktivitas gerak, maka proses pembakaran lemak juga akan terjadi lebih lama. Anda bisa melakukan gerakan olahraga sambil bekerja misalnya adalah dengan melakukan peregangan pada kaki dan tangan. Caranya adalah dengan menyilangkan tangan atau juga mengayunkan kaki dan tangan sambil duduk di kursi paling tidak dilakukan 3-5 menit dalam 1 jam. Aktivitas seperti ini bisa membantu memberikan tambahan dalam pembakaran energi dibandingkan hanya dengan duduk saja diatas kursi.