Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Cara Alami Menurunkan Berat Badan – Beberapa orang melakukan cara diet cepat untuk membatasi asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, namun tak sedikit yang salah mengartikan dan menjalankan diet itu sendiri.

Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Diet tak hanya membatasi asupan makanan, atau ingin menguruskan badan. Diet diperlukan tidak hanya bagi mereka yang memiliki masalah berat badan berlebih namun diet dilakukan untuk tetap menjaga dan menerapkan pola asuh makanan yang baik bagi kepentingan kesehatan untuk jangka panjang.

Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Berikut ini ada beberapa cara alami menurunkan berat badan, diantaranya adalah :

  1. Tidak perlu menghindari beberapa jenis makanan tertentu, cukup dengan menjaga keseimbangan sumber energi vitamin, nutrisi dan lainnya yang penting bagi tubuh. Tubuh memerlukan air, vitamin, mineral karbohidrat, lemak, serat, protein, zat besi dan lainnya yang kesemuanya dapat diperoleh pada buah dan sayuran
  2. Tetap menjaga kebutuhan tubuh dengan protein yang cukup. Tubuh manusia memerlukan setidaknya 30 kg protein setiap harinya yang di dapat dari telur, kacang-kacangan, susu, daging dsb
  3. Jangan terlalu membatasi atau menghindari lemak. Bagaimanpun tubuh kita membutuhkan lemak untuk menjaga keseimbangan sumber energi bagi tubuh. Tubuh memerlukan setidaknya 50 gr lemak setiap harinya yang dapat diperoleh dari kacang-kacangan, daging, minyak zaitun atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Hal yang harus diwaspadai ialah mengurangi atau menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh pada Junk Food seperti seafood, fast food, gorengan dll.
  4. Cara Alami Menurunkan Berat Badan dengan Makanlah sebelum anda lapar dan berhenti sebelum anda kenyang. Bila perlu anda mengganti cemilan pada makanan anda dengan makanan rendah lemak atau diganti dengan buah- buahan. Menghindari makanan yang banyak mengandung gula juga sangat penting agar gula dalam darah tetap terkendali. Gula dibakar bersama lemak menjadi glukosa juga masih sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, namun makanan dengan gula tetap harus diperhatikan dan dikontrol dengan baik. Agar tidak menimbulkan masalah kenaikan berat badan dan penyakit lainnya.
  5. Cara Alami Menurunkan Berat Badan dengan Perbanyak minum air putih sedikitnya 8 – 10 gelas setiap hari. Konsumsi air putih setiapa hari minimal 8-10 gelas sangat penting, selalu dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih agar tubu tetap terlihat segar, tidak kekurangan cairan, memperlancar metabolisme tubuh dsb.
  6. Lakukan detoxifikasi secara berkala. Anda tentunya sering mendengar atau mungkin anda sendiri pernah melakukan detoxifikasi tubuh terutama pada perut anda dengan totok perut atau akupuntur untuk mengurangi lemak pada tubuh. Namun cara ini sebenarnya kurang baik dan sangat membutuhkan biaya mahal, karena masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan
  7. Tambahkan makanan nutrisi herbal untuk menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh. Tanaman herbal kini banyak diproduksi dan diolah oleh beberapa perusahaan beberapa diantaranya memanfaatkan herbal sebagai produk makanan, minuman, kecantikan, jamu, obat atau suplemen penunjang dan mengobati berbagai macam masalah penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Tak ada salahnya bila anda mencoba beberapa suplemen dari herbal sebagai penunjang kesehatan anda. Karena herbal tidak memiliki efek negatif bagi tubuh.
  8. Ubahlah gaya hidup anda dengan berperilaku hidup sehat. Pola hidup yang sehat dan teratur memang mencerminkan seseorang terlihat rapi, bersih dan sehat. Dengan menerapkan dan mengatur perilaku anda dari gaya hidup yang sehat pastinya anda akan selalu menjaga kesehatan dan kebugaran diri anda dari berbagai macam masalah kesehatan, berat badan dan lainnya
  9. Olahraga teratur
    Olahraga memang pada umumnya membuat efek tubuh menjadi lebih segar dan fit. Namun manfaat olahraga tak hanya itu olahraga dapat memberikan efek terbaik bagi kelangsungan hidup dan kesehatan dalam jangka panjang. Lakukanlah olahraga minimal 30-60 menit dalam 2-3 kali seminggu.
Jangan melakukan diet untuk obesitas atau cara melangsingkan badan jika anda belum memahami dengan baik cara dan arti diet yang sebenarnya. Tak ada salahnya mencoba beberapa cara diatas yang menurut anda baik untuk dilakukan, meski membutuhkan waktu yang cukup lama. Menurunkan berat badan atau diet tidak perlu terburu-buru dan memaksa, ikutilah tahapan dan setiap perubahan pada bentuk tubuh dan berat badan anda dengan cara mencatat berat badan terlebih dahulu dan memoto bentuk tubuh anda sebelum anda benar-benar menjalankan program menurunkan berat badan.

Cara Diet Cepat

Hal yang harus diingat disaat Anda sedang melakukan cara menurunkan berat badan adalah bahwa sebaiknya jangan asal sarapan. Anda harus mulai mengonsumsi makanan sarapan dengan kadar 300-400 kalori. Cara menurunkan berat badan atau cara diet cepat dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Cara menurunkan berat badan ini bisa dilakukan dengan memilih setangkup roti gandum panggang yang diisi dengan 1butir telur, kemudian bisa ditambahkan dengan 1 mangkuk salad. Atau Anda bisa mengonsumsi paling tidak 100 gram nasi dengan 1 potong ikan yang ditambahkan dengan 1 mangkuk sayur untuk melakukan cara menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan yang lain adalah dengan mengunyah makanan paling tidak dilakukan 33-36 kali. Cobalah menghitung kunyahan Anda dalam sekali suap. Jika kurang dari 36 kali, maka lakukanlah sampai menjadi 36 kali. Hal ini akan membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah.