Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sehat – Memiliki berat badan yang berlebihan yang biasanya dikenal dengan nama obesitas ini merupakan masalah yang sangat dikhawatirkan baik oleh wanita maupun pria, karena masalah ini merupakan sumber masalah dari terjadinya suatu penyakit.

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sehat
 
Cara menurunkan berat badan yang sehat bisa dilakukan dengan memulai kebiasaan yang sehat. Makan dengan pola makan yang baik yang bisa membantu tubuh terjaga agar tetap dalam keadaan sehat dan juga kuat bukan hanya berarti mendapatkan culkup zat gizi yang sangat penting untuk tubuh, namun juga untuk menghilangkan dan mengembangkan kebiasaan dari makan yang sehat. Dan hal ini juga bsia membantu untuk menurunkan berat badan dengan alami.

Berat Badan Berlebihan Atau Obesitas

Makan dengan benar bukan hanya untuk berimplikasi pada mendapatkan suatu nutrisi yang cukup atau dengan makan cara yang tidak baik. Untuk memastikan bahwa makanan yang diserap dalam kedaan yang baik oleh tubuh agar berfungsi efektif dan juga untuk mendukung kesehatan tubuh dan badan agar tetap terkontrol.

Cara menurunkan berat badan yang sehat bisa dilakukan juga dengan tidak melewatkan sarapan. Sarapan merupakan makanan yang paling utama setelah berpuasa sepanjang malam yang membuat organ-organ pencernaan Anda istirahat. Sarapan ini bisa menjaga tubuh senantiasa agar tetap berenergi dan juga bertenaga dan pikiran menjadi jernih sepanjang harinya. Membiarkan perut dalam keadaan kosong dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah pada tubuh Anda.

Salah satu dari penyebab terjadinya masalah kenaikan berat badan adalah dengan tidak makan apapun dalam waktu yang cukup lama karena mungkin sedang repot atau juga sedang sibuk. Namun, hal ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh Anda dan ketika Anda akhirnya makan, kecemasan dan juga rasa lapar yang membuat Anda kemudian sulit untuk mengontrol apa dan seberapa banyak yang Anda makan, Anda kemudian akan menjadi lebih muda makan junk food atau juga makan berlebihan sehingga berat badan Anda kemudian meningkat. Junk food ini bisa menyebabkan masalah kegemukan atau obesitas.

Cara menurunkan berat badan yang sehat bisa dilakukan dengan memastikan makan siang mencapai tujuannya. Makan siang bisa menyediakan energy dan juga nutrisi yang baik dan sehat yang diperlukan tubuh Anda untuk tetap berenergi dan juga tetap sigap.

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sehat

Cara melangsingkan badan dan cara menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan mengatur pola makan. Pola makan yang harus diatur adalah dengan cara :

  1. Minum sebelum makan
    Jika kita minum sebelum makan, pastinya hal ini akan membuat perut kita menjadi terasa lebih kenyang sehingga porsi dari makan akan semakin berkurang dan tidak akan terlalu banyak jumlahnya.
  2. Menggunakan ukuran piring yang kecil
    Dibandingkan Anda harus makan 3 kali dalam sehari, sebaiknya makanlah paling tidak 5-6 kali dalam sehari dengan porsi yang kecil. Jika Anda masih merasa lapar maka sebaiknya tunggulah sampai 20 menit. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menurunkan berat badan.
  3. Berbagi makanan
    Jika Anda merasa sudah kenyang dan masih banyak makanan yang ada, maka sebaiknya simpanlah atau bagikanlah makanan Anda dengan teman Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Langkah Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sehat

  1. Catat status tubuh Anda : lingkar pinggang paha, lengan dan dada. Timbang berat badanAnda dan sebisa mungkin cari tahu berapa persen kadar lemak tubuh Anda. Ini penting untuk melihat kemajuan usaha Anda dan mengevaluasi kekuangan usaha Anda.
  2. Tentukan sasaran yang realistis. Misalnya menurunkan 2-3 kg berat badan dibulai pertama, bukan 10-15 kg. Semakin realistis sasaran Anda, motovasi Anda akan lebih kuat untuk melakukan langkah menurunkan berat badan selanjutnya.  Apalagi ketika Anda berhasil mencapai sasaran realistis tersebut.
  3. Mulai berolahraga. Apa pun jenis olahraganya adalah lebih baik daripada tidur. Bagi Anda yang ingin melakukan penurunan berat badan harus benar-benar bisa menginvestasikan waktun untuk mencapai sasara. Jangan bilang Anda tidak punya waktu, tapi ingin berat badan turun. Ada orang bilang “Saya ingin beli mobil, tapi saya tidak punya waktu untuk bekerja” Anda harus bekerja keras untuk mencapai impian. Bagaimana cara mengatur waktu, itu tergantu8ng pada setiap individu karena masing-masing memiliki jadwal dan prioritas yang berbeda.
    Olahraga apa yang membakar lemak? Berlatihlah dengan angkat beban dan akhiri dengan kardio diatas treadmill. Itu adalah metode terbaik untuk membakar lemak. Satu lagi, usahakan untuk benar-benar serius berolahraga. Jangan hanya bergabung di gym, tapi duduk-duduk sambil ngobrol, hanya sesekali mengangkat beban. Bayangkan Anda sedang shooting video olahraga yang akan dijual ke masyaralat luas. Bayangkan Anda membeli video itu untuk dipelajari dan diikuti. Anda melihat model dalam video itu bermalas-malasan dan Cuma ngobrol. Apa Anda puas?
  4. Lihat ulang makanan Anda. Bagian ini adalah langkah menurunkan berat badan yang terpenting. Banyak orang yang berdiet dengan mengurangi makanan. Padahal seharusnya mengurangi kalori. Jika kalori Anda 2.500 sehari, maka sekarang Anda makan 2.000 kalori saja. Itu lebih baik daripada mengurangi asupan kalori dari 2.500 menjadi 1.000 kalori. Kekurangan kalori membuat tubuh masuk ke zona bertahan hidup (kekurangan gizi) sehingga tubuh menolak membakar lemak. Sama halnya jika Anda memboroskan penghasilan Anda yang tinggi, lalu pada suatu waktu, Anda dipecat dari perusahaan, apakah Anda akan seboros sebelumnya? Demikian pula tubuh ketika kekurangan makanan, itu akan menghemabt pembakaran energy dalam tubuh, jadi  mengurangi makanan secara drastic tidak akan cara mengecilkan perut buncit.
  5. Makanlah 5-6 kali sehari. Normalnya makan 3 kali sehari memang, namun pada kenyataannya, tubuh didesain untuk makan lebih dari 3 kali sehari. Jika kita sarapan pada jam 7 dan makan siang pada jam 1 siang, kita makan lagi jam 7 malam. Pada pukul 4 sore, perut sudah merasa lapar.